Sejarah Chatting dan mIRC Internet kelas XI Semester 1





Sejarah Chatting 


Ini benar-benar dimulai sebagai real time chatting sederhana program di tahun 1960 sebelum Internet pernah ada. Internet Relay Chat dikembangkan pada akhir 1980-an dan merupakan jenis obrolan bahwa semua pengguna komputer kebanyakan akrab dengannya. Internet relay chatting memulai dengan hanya kira-kira dua belas user pada server 38.  Sementara obrolan mungkin mulai dengan langkah lambat, sekarang salah satu aktivitas online paling populer untuk melakukan menggunakan internet dan pesan teks.
Referensi pertama dari chatting yang pernah terjadi sebenarnya di tahun 1960.Begitu jaringan telah tersambung, yang lain mulai menciptakan mereka sendiri juga, yang menyebabkan 40 server di seluruh dunia pada tahun 1989.


Referensi pertama dari chatting yang pernah terjadi sebenarnya di tahun 1960. Meskipun internet belum dikembangkan lagi, ada real time chat untuk program yang di izinkan pengguna yang terhubung dengan ke komputer yang sama untuk chatting dengan satu sama lain. Pesan hanya dapat dikirim ke dua pengguna pada satu waktu. Para pengguna komputer harus tahuapa alamat dari komputer itu, meskipun,untuk mengirim pesan.

Internet relay chat di ciptakan pada tahun 1988 oleh jarkko “Wiz” oikarinen. Dia dirancang server obrolan pertama saat bekerja si universitas Oulu, Finlandia di departemen ilmu informasi pengolahan. obrolan pertama adalah nama server tolsun.oulun.fi.jarkko kemudian mulai menghubungi teman-teman lainnya untuk membuat server juga. Universitas perguruan tinggi lainnya segera kemudian mulai membuat server sendiri juga. Jarkko segera menghubungi server untuk membuat jaringan pertama. begitu jaringan telah tersambung, yang lain mulai menciptakan mereka sendiri juga,yang menyebabkan 40 server di seluruh dunia pada tahun 1989.

Sejarah mIRC





mIRC merupakan perangkat lunak untuk Internet Relay Chat atau chatting secara online yang jalan di atas sistem operasi Windows. mIRC diciptakan tahun 1995 yang telah dibuat oleh Khaled Mardam-Bey, berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC diseluruh dunia. Perangkat lunak ini memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting, terbukti setelah perangkat lunak ini di download sebanyak 9,129,578 kali dari servis CNET pada Oktober 2007. Nielsen-Net memasukan mIRC ke dalam daftarnya sebagai “10 terbaik applikasi internet” pada tahun 2003.
Dengan tersedianya script, para pengguna bisa mengatur cara bekerja mIRC sebebas-bebasnya.
Huruf ‘m’ dalam singkatan mIRC belum diketahui pasti, tetapi dalam FAQ dalam FORUM mIRC, pihak mIRC mengatakan ‘m’ adalah singkatan dari “Moo”.
Kelebihan
- Adanya skripsi yang dapat membuat mIRC dapat diatur sebebas-bebasnya.
- Banyaknya pengguna yang memungkinkan pengguna lainnya lebih mudah untuk mencari teman.
- Ribuan channel tersedia (nama channel bebas atau ditentukan sesuai domisili).
Kekurangan
- Anda tidak bisa chatting dengan media suara dan gambar seperti di Yahoo Messenger atau CamFrog atau MSN. Anda hanya bisa chatting dengan basis teks.
- Hanya beberapa server yang bekerja pada mIRC saat ini (Contoh: DALnet, EFNet, QuakeNet, dan sebagainya).
- Tidak bisa memilih regional / domisili dari teman chatting kita secara pasti.
MIRC adalah sebuah program yang berbasis pada Bahasa Inggris dan tidak mempunyai versi translasi pada saat ini. Walaupun begitu, penggunaan mIRC tidaklah terlalu sulit untuk orang-orang yang tidak berbicara/berbahasa dalam Bahasa Inggris. Semua tombol, kegunaan-kegunaan dan fungsi-fungsi dapat digunakan dengan mudah dan langsung menuju perintah-perintah dan setting-setting. Installasi mIRC dan penggunaan IRC untuk pertama kalinya adalah hal yang selalu menjadi masalah/rintangan utama. Oleh karena itu kami ingin memberikan jalan keluar melalui file ini dan terjemahannya.
Informasi ini ditranslasikan oleh Dityo Nurasto dari file asli yang ditulis oleh Tjerk Vonck dan terdapat pada website mIRC http://www.mirc.co.uk/english.txt. Perlu diketahui bahwa Tjerk tidak berbicara dalam Bahasa Indonesia *he.he.he*. Pertanyaan-pertanyaan mengenai mIRC dapat dikirimkan melalui e-mail ke help@mirc.com dan tentu saja menggunakan Bahasa Inggris
Apa itu IRC??
IRC (Internet Relay Chat) adalah suatu tempat bertemu virtual (maya) dimana semua orang dari seluruh dunia dapat bertemu dan berbicara, well- type. Sebagai pengguna anda dapat menjalankan mIRC; suatu program kecil yang dapat berhubungan dengan sebuah server didalam jaringan IRC. Semua server saling berhubungan dan menyampaikan pesan dari pengguna ke pengguna yang lain pada jaringan IRC. Anda dapat saja berpatisipasi dalam sebuah grup diskusi pada salah satu channel dari ribuan channel IRC yang ada, pada salah satu jaringan dari ratusan jaringan IRC yang ada, atau hanya berbicara dengan keluarga atau dengan teman-teman secara pribadi (private), dimanapun mereka berada. Anda dapat menemukan banyak perbedaan dalam minat, ide-ide dan persoalan-persoalan dalam IRC.
Apa itu mIRC??
Untuk menggunakan IRC anda dapat menggunakan program kecil seperti mIRC, sebuah program IRC client untuk Windows dan didistribusikan sebagai program shareware, program ini dibuat oleh Khaled Mardam-Bey. mIRC merupakan program IRC client yang bersahabat, mIRC sudah dibuat secara baik dengan tool-tool dan option-option yang baik. Anda dapat mendownload mIRC dengan gratis pada mIRC homepage dengan alamathttp://www.mirc.com/. Didalam file help ini kami akan membantu anda untuk mendownload, menginstall dan menggunakan mIRC.
Bagaimana bergabung dengan IRC.??
Tidak usah khawatir, kami akan membantu anda untuk mendownload, menginstall, dan men-Setup mIRC. Jika anda telah membaca hingga sejauh ini pasti anda sudah merasa yakin untuk mendapatkan dan menginstall mIRC pada PC anda, jika tidak sekarang, yah bisa besok! Teruslah membaca dan ikuti instruksi-instruksi yang diberikan……..
Jika anda tersesat ke suatu tempat maka bacalah kembali paragraph-paragraph ini.

3 Responses to "Sejarah Chatting dan mIRC Internet kelas XI Semester 1"

  1. idin gue izin sedot yang internet yo..

    BalasHapus
  2. gan posting alamat facebokknya dong ..biar bisa chat ..
    By : Irfan

    BalasHapus
  3. Khusus buat yang kenal chatting atau dunia maya tahun 2003 - 2007 .. jauh sebelum ada Facebook ... kita pernah pakai aplikasi chatting seperti yang saya install di http://bit.ly/2rrLRxM ... Ayo bernostalgia seperti masih jaman kuno dulu.... yang kuno kadang lebih asyik... belum ramai seperti sekarang ini. Sepi = lebih romantis ! (view on Instagram http://bit.ly/2qtkTIL)

    BalasHapus

Popular Post