Alasan Orang Memilih Twitter Dibanding Facebook



Twitter adalah layanan microblogging yang diramalkan akan menyamai atau bahkan melebihi ketenaran Facebook di masa yang akan datang. Microblogging adalah “ngeblog” singkat atau dapat diartikan sebagai, setiap pengguna dapat menuliskan apa yang ada dalam pikiran mereka (atau apa yang sedang mereka lakukan) dan men “share-kan” dengan penguna yang lain dan satu diantara pengguna lainnya dapat saling berkirim komentar tentang apa yang dituliskan. Layanan microblogging saat ini sangat beragam serta menarik. Selain Twitter masih ada Friendster, MySpace, hi5, ping.fm, LinkedIn, Multyply dan yang paling popular saat ini tentu saja adalah Facebook.


Apa saja yang menarik dari Facebook? Pertanyaan yang tidak perlu untuk dijawab saya rasa. Kebanyakan dari Anda pastilah memiliki atau setidaknya pernah menganal Facebook. Facebook sangat lengkap. Mulai dari fungsi sejatinya yang hanya berupa microblogging, Facebook telah berkembang pesat dan memiliki fitur-fitur yang dapat mempercepat jaringan serta komunitas. Namun apa efek dari seabrek layanan Facebook tersebut? Beberapa waktu yang lalu, Facebook telah mengeluarkan situs versi lite, yang bertujuan untuk memperingan koneksi data yang terpakai saat digunakan. Apa efek sampingnya? Tentu saja jika Anda menggunakan Facebook versi lite maka fitur-fiturnya tidak akan selengkap dengan regular site.

Kembali ke pokok pembahasan diatas. Lantas, apa yang menarik dari twitter? Dan apa saja yang membedakannya dengan Facebook? Dan mengapa banyak orang cenderung memilih Twitter dari pada Facebook? Mari kita bahasa secara satu persatu.

Karakter yang sangat singkat, minim, hanya 140, bahkan lebih sedikit dari sms.Sangat singkat, padat dan efektif. Apa maksudnya? Dalam Facebook, ketika Anda hendak menuliskan status updates, jumlah karakter yang diperbolehkan adalah 420 krakter (dulu masih 160). Sedangkan untuk Twitter, karakter yang diijinkan hanya sebatas 140 saja. Ini bahkan lebih sedikit dari sebuah 1 kiriman sms. Lantas, apa kelebihan Twitter dari perihal ini? Dengan hanya 140 karakter, Anda dapat menuliskan kalimat seperlunya dan karakter yang terbatas akan menyingkat ruang serta dan nyaman dipandang mata yang membaca. Coba jika bandingkan dengan Facebook. Dengan 420 karakter, sama saja Anda menuliskan satu buah bait lagu (meskipun banyak user yang tidak memaksimalkan karakter yang tersedia). Intinya, dengan jumlah karakter yang sedikit atau terbatas, Anda akan menuliskan hal-hal yang seperlunya serta tidak akan "memaksa" Anda untuk "lebay" di status updates.

Balasan status yang tidak berurutan.
Apa maksudnya kalimat di atas? Dalam Facebook ketika Anda ingin membalas atau mengomentari status teman atau orang lain, maka tampilannya akan seperti berurutan berakar kebawah. Coba bayangkan jika ada ratusan orang yang membalas status. Betapa panjang tampilannya. Dan Anda harus membuka dari awal untuk membacanya. Lagipula, jika saya mengamati, balasan status tersebut banyak yang tidak efektif. Para user hanya sebatas "ngobrol" di wall, padahal Facebook telah memiliki fitur chat sendiri. Namun di Twitter, jika ingin membalas status updates seseorang cukup ringkas. Hanya dengan menambahkan simbol @ di depan username. Semisal, jika saya mengupdates status Twitter, dan Anda ingin membalasnya, maka hal yang harus Anda lakukan hanya menuliskan tanda @ kemudian username saya "sherlomes" dan pesan yang akan dikirimkan. Contoh: "@sherlomes lagi apa mas siang siang gini?". Cukup mudah bukan? Dan Anda juga dapat membalas status dengan menggunakan "Retweet" atau pengulangan. Retweet berguna jika apabila user yang kita balas status updatesnya telah lupa apa yang dia tuliskan sebelumnya. Semisal, dua hari yang lalu teman saya menanyakan tengtang blog (@zidanee) ke saya melalui Twitter, dan statusnya tertulis: "@sherlomes : Mas, weblog free yang bagus apa ya? Multiply atau ada yg lain? Thx." Jika saya langsung membalasnya, mungkin dia akan lupa akan apa yang dia tanyakan ke saya, karena pertanyaan tersebut ditanyakan dua hari yang lalu. Maka dalam membalas status updates dia saya menggunakan Retweet. Contohnya adalah sebagai berikut: "Wordpress, jika punya dana mending beli domain serta hostingan sendiri mas RT @zidaniee: @sherlomes : Mas, weblog free yang bagus apa ya? Multiply atau ada yg lain? Thx." Cukup efektif bukan? Satu hal lagi yang menjadi kelebihan Twiter. Twitter support akan multiple posting. Apa maksudnya? Anda dapat menuliskan status updates yang ditujukan pada banyak teman-teman Twitter. Semisal sebagai berikut, saya menulisakan status updates: "Saya sedang berkumpul dengan @zidanee @bibirjahe @deannup @cindylupita merayakan ultah @elsakejora". Perhatikan status tersebut. Dalam 1 status itu tertera 5 nama username dan apa artinya, status Anda akan ditujukan atau masuk ke username yang bersangkutan (semacam pesan khusus, tapi bukan seperti email, dalam Twitter ada layanan email tapi bernama Diriect Message). Lagipula jika Anda menuliskan status dengan diawali @ dan username seseorang, akan berasa istimewa, seperti pesan khusus. Meskipun jika Anda menulisakan status updates tanpa @username tetap teman teman yang menfollow Anda dapat menerima status Anda, namun jika menggunakan @username hanya ditujukan pada satu orang.

Followings dan followers
Dalam Facebook di bidang pertemanan hanya terdapat satu macam saja yakni friends. Namun dalam Twitter, terdapat dua hal, yakni following serta follower, apa artinya? Following adalah orang yang kita ikuti status updatesnya. Sedangkan followers adalah orang yang mengikuti status updates kita. Bingung? Saya kasih sebuah contoh. Dalam Facebook, jika Anda menambahkan seorang teman (add) dan teman tersebut menerimanya, maka secara otomatis Anda akan menerima updates status dari teman Anda tersebut dan begitu juga sebaliknya. Nah hal ini berbeda dengan Twitter. Jika Anda menambah teman baru (follow) maka secara otomatis (tanpa konfirmasi) Anda akan menerima status updates dari teman baru Anda tersebut. Tapi, jika teman Anda tidak mengikuti (follow) Anda, maka teman Anda tidak akan menerima status updates Anda. Contoh, saya (@sherlomes) menfollow Twitter @torasudiro. Maka status updates @torasudiro akan saya terima karena saya telah memfollownya. Namun jika @torasudiro tidak menfollow saya (@sherlomes) maka updates status saya tidak akan diterima @torasudiro. Nah terkadang dalam mencari followers (teman yang mengfollow kita) sangat sulit. Biasanya pemakai Twitter akan memiliki jumlah followers lebih banyak daripada followingnya. Mengapa? Orang akan berfikir dua kali dalam menfollow user di Twitter, kecuali user tersebut adalah orang terkenal atau artis. Hal ini dikarenakan sebab, jika memfollow terlalu banyak orang-orang yang tidak penting, akan memenuh-menuhi halaman status updates Twitter kita. Sebagai contoh, para artis yang gemar bermain Twitter seperti @elsamayori @hendraherlambang @desta80s @radityadika dan lain-lain akan memiliki jumlah follower yang jauh lebih banyak daripada jumlah followingnya.

Hanya menampilkan status updates teman yang Anda ikuti
Ini masih terkait dari poin sebelumnya. Dengan sistem di atas, maka Anda hanya akan menerima status updates Twitter dari user yang Anda kehendaki (pilih/following). Tentu saja ini akan mengurangi masalah timbulnya spam. Dan dengan adanya sistem following serta followers, maka akan menambah menarik fitur Twitter itu sendiri, tak jarang ada user yang saling berlomba untuk mendapatkan banyak follower dengan user yang lain. Karena memang dalam Twitter jika Anda adalah orang biasa dan bukan terkenal, sangatlah sulit untuk mendapatkan followers banyak. Lantas, apa kegunaan banyak followers? Jika Anda adalah orang yang kebetulan terjun dalam dunia marketing (blog/web promote) Twitter akan sangat membantu Anda dengan jumlah followers yang melimpah.

Tanpa konfirmasi
Dalam Twitter, Jika Anda tidak mengaktifkan privacy, maka semua orang bisa membaca update status Anda, termasuk orang yang belum punya akun Twitter. Semua orang juga bisa memfollow tanpa harus meminta konfirmasi dari kita. Mungkin alasan ini yang membuat beberapa artis, selebritis, politikus, mentri, sampai presiden pun sekarang punya twitter. Akun mereka biasanya di follow oleh ribuan bahkan puluhan ribu orang (@aplusk – Ashton Kutcher – jumlah followernya hingga 3 juta followers). Kalau di Facebook tentu repot mengkonfirmasi satu demi satu permintaan teman yang jumlahnya banyak tersebut.

Begitu ringan simple nyaman serta praktis
Sejatinya layanan resmi Twitter hanya update status “What Are You Doing?” tanpa tambahan lain seperti foto, video, dan sebagainya. Jika di Twitter bisa melakukan itu adalah karena bantuan aplikasi dari pihak ke tiga. Karena hanya update status, maka pembicaraan di Twitter akan lebih fokus dan menarik, misalnya ketika ada musibah gempa padang, berita di Twitter akan terasa lebih aktual cepat dan terpecaya. Sementara di Facebook pada saat yang sama (saat terjadi gempa) masih terlihat orang-orang yang sibuk main game (contoh: mafia wars, pet society dan lain-lain), atau muncul juga laporan quiz-quiz yang tidak sangatlah penting penting.

Hashtags (#), Trending Topic, Seacrh dan Public time line
Hashtags dipakai untuk menandai topik tertentu dalam pembicaraan di Twitter, simbol yang digunakan adalah “#”. Dengan menggunakan hashtags, update status bisa dikelompokkan berdasarkan topik dalam hasil pencarian. Beberapa contoh hashtags yang pernah menjadi Trending Topic: #indonesiaunite, #jamansd, #mbahsurip, #pengakuan, #alasanbuatputus, #jokoanwar, dan lain-lain. Misalnya jika Anda mnegupdates status menggunakan hastags: “#pengakuan saya kemaren nyolong mangga pak @aman”. Jika Anda menggetikkan #pengakuan di Twitter Search, maka hasil penulusuran akan keluar dengan tweet yang mengandung kata #pengakuan termasuk tweet Anda tadi.
Trending topic adalah topik-topik yang sedang ramai dibicarakan oleh tweeps. Biasanya ditampilkan 10 buah list di sidebar kanan timeline. Trending topic bisa bermanfaat bagi corporate branding dalam target pemasaran mereka, bisa pula bermanfaat bagi politikus untuk melihat isu-isu aktual, dan bermanfaat untuk siapa saja dalam mengikuti trend global, contoh: rilis film terbaru. Dan masih banyak manfaat lainnya.
Twitter search bertujuan untuk mencari tweet yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Semisal Anda mengetikkan kata “jogjakarta”, maka di halaman penelusuran akan keluar hasil dari pencarian yang mengandung kata “Jogkarta”. Dan pencarian ini untuk semua user Twitter dan tidak hanya mencari pada teman Anda saja.


Public time line adalah status updates yang baru saja di postkan oleh pengguna Twitter di seluruh dunia (tidak sebatas teman Anda). Jika di Facebook terdapat beranda, maka di Twitter fungsinya akan sama dengan home. Menu diatas (beranda) adalah tampilan untuk status updates para teman teman Anda di Facebook. Tapi di Twitter terdapat public time line yang berfungsi untuk menampilkan status updates secara global para pengguna di seluruh dunia pada saat ini juga, meskipun Anda tidak men follownya.

Banyak tools dan aplikasi atau software yang mendukung
Coba lihat timeline Twitter Anda, postingan tweet berasal dari macam-macam tools atau aplikasi, misalnya: tweetdect, ubertwitter, tweete, hahlo, twitpic, twhirl, twitterfox, dan lain-lain kalau disebutkan bisa ratusan Salah satu contoh list aplikasi / tools pendukung Twitter silahkan cek disini. Anda pengguna ponsel yang tetap ingin bertwitteran? Jangan panik. Banyak aplikasi Java atau Symbian yang dapat terhubung dengan Twitter, Lihat disini untuk daftarnya.

Posting bersama berdasarkan kegemaran
Satu hal lagi yang belum ada di Facebook adalah group posting, atau postingan orang banyak yang muncul dalam satu akun twitter. Contohnya: @infoll info adalah lalu lintas jabotabek dan seluruh Indonesia, @lagimakan adalah postingan yang berhubungan dengan aktifitas makan-minum, @pasartwit adalah postingan yang berhubungan dengan jual, beli, sewa (pasar) @alasanbuatputus adalah postingan gokil yang pernah menjadi trending topic, @ayosholat adalah postingan yang berhubungan dengan aktifitas sholat, dan lain-lain. Grup-grup tersebut memiliki fungsi dan karakteristik masing-masing, ada yang informatif, kuliner, gokil, pasar, sampai religius, semuanya ada (dan masih banyak grup lainnya).

Mudah Ditambahkan di blog atau situs pribadi
Postingan Twitter bisa Anda tampilkan di web / blog, baik berupa widget juga bisa diintegrasikan bersama postingan konten. Postingan twitter juga memiliki RSS feed, sehingga data mentah dari Twitter bisa flexibel di tampilkan dimana saja. Sebaliknya, update status di Facebook belum bisa ditampilkan di web/blog dalam bentuk text. Dapat ditampilkan tapi dalam bentuk image bersama widget facebook badge, tentunya sangat terbatas pengaturannya.

Sebagai ladang dollar, promosi, marketing dan sebagainya
Gemar bisnis online? Berburu dollar di internet? Segera gunakan Twitter dan rasakan manfaatnya. Trafick blog naik, pengunjung bertambah, dan dollarpun lancar masuk kantong [meskipun kesemuanya belum pernah saya rasakan L]. Namun banyak manfaat yang di dapat jika Anda menggunakan Twitter sebagai aang promosi di blog atau web. Selain dengan menambah url blog Anda di setiap tweet yang dikirimkan, situs pihak ketiga bisa Anda gunakan sebagai ajang promosi Twitter. Semisal Tweetmeme atau ReTweet (RT)

kalo dibanding twitter atau facebook gitu ya kalo menurut saya sih lebih rame twitter soalnya privasinya cukup terjamin :)

Sumber : http://www.sherlomes.com/2009/11/mengapa-saya-menggunakan-twitter.html

0 Response to "Alasan Orang Memilih Twitter Dibanding Facebook"

Posting Komentar

Popular Post