8 Game Android yang Melatih Otak

Kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai beberapa game OS Android yang secara refleks dapat melatih daya kerja otak Anda serta dapat diunduh langsung dari Google Play Store. Bukan game sejenis Brain Age yang memang dibuat khusus untuk mengasah otak, game-game ini secara tidak langsung membuat otak Anda berpikir tanpa menghilangkan unsur permainan yang menyenangkan.

1. Monster War
   Ukuran: 5,2 MB
   OS Android: 2.1 ke atas
   Harga: Gratis
Game ini sebenarnya memiliki sistem permainan yang cukup sederhana. Anda harus mempertahankan benteng Anda dari serangan monster. Sekilas, game ini mengusung tema tower defense, perbedaannya  adalah desain permainan tidak menggunakan satu jalur untuk monster lewati dengan menara penyerang yang dapat kita pasang pada bagian pinggir jalan itu. Pada game ini, monster akan menyerang dari atas layar menuju benteng Anda yang berada di bawahnya. Anda bisa menggunakan meriam untuk melumatkan mereka, tetapi Anda baru bisa menggunakan meriam jika sudah terdapat tiga meriam yang sama dan saling berdekatan. Terdapat berbagai macam jenis meriam dengan daya rusaknya masing-masing. Meriam dapat digeser sesuai dengan arah monster yang ingin Anda tembak. Monster War akan melatih kecepatan Anda dalam menggeser meriam yang cocok secara cepat untuk mencegah monster menghancurkan tempat perlindungan Anda. Jenis monster dengan karakteristik yang berbeda secara tidak langsung akan melatih Anda untuk menentukan prioritas monster mana yang terlebih dahulu harus ditembak.

2. Amazing Alex
    Ukuran: 23 MB
   OS Android: 2.1 ke atas
   Harga: Gratis / $0,99
Rovio yang mencoba peruntungannya pada pengembangan game selain Angry Birds rupanya membuahkan hasil. Amazing Alex merupakan game yang mengasah kreativitas pemainnya untuk mengambil setidaknya tiga bintang dengan bola atau balon yang terletak pada posisi yang cukup sulit dijangkau. Untuk mencapainya, diperlukan kreativitas untuk mengatur benda-benda yang disediakan untuk membantu laju bola atau agar mencapai ketiga bintang tersebut. Alex si tokoh utama ingin mengisi waktu luangnya di rumah menciptakan permainan ini dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar rumahnya, seperti pipa, buku, keranjang, gunting, bola, hingga balon. Pada saat dieksekusi, benda-benda yang sudah disiapkan sebelumnya akan menciptakan reaksi berantai untuk mencapai bintang tersebut. Anda juga bisa membuat desain level  sendiri dan berbagi dengan pemain lainnya secara online. Setiap minggunya, Rovio melakukan update berupa level baru yang tentunya lebih menantang.

3. Cut The Rope
   Ukuran: Tergantung jenis handheld
   OS Android: Tergantung jenis handheld
   Harga: Gratis / $0,99
Permainan yang merangsang otak Anda dalam menentukan momentum yang tepat untuk memotong tali dapat Anda lihat di Cut The Rope. Cerita game ini cukup sederhana, suatu hari Anda kedatangan sebuah kotak di depan rumah Anda yang berisikan seekor monster kecil dan makanannya. Memberikan makanannya tidak semudah yang dibayangkan, makanan itu tergantung pada tali yang dapat Anda potong atau dipindahkan ke tali lainnya agar makanan bisa jatuh tepat ke mulut monster kecil ini. Diperlukan waktu yang tepat untuk memindahkan makanan tersebut karena sepanjang permainan akan terdapat bermacam-macam rintangan atau tali khusus dengan kemampuan unik. Sebelum makanan monster dilahap, Anda diharuskan untuk mengambil bintang yang melayang di layar permainan. Jadi, permainan ini mengharuskan Anda untuk mengambil bintang yang ada menggunakan makanan si monster sebelum terlahap oleh monster itu.

4. Train Crisis
    Ukuran: 118 MB
   OS Android: 2.1 ke atas
   Harga: Gratis / $0.91
Ingin mengetahui rasasanya memiliki perusahaan kereta api tapi tidak ingin repot mengatur administrasinya? Silahkan mencoba Train Crisis. Game ini mengajak Anda untuk memandu setiap kereta yang ada ke stasiun yang sesuai. Masing-masing kereta serta stasiun harus disesuaikan berdasarkan warnanya. Jika kereta itu berwarna merah, maka Anda harus memandu kereta itu samapai ke stasiun yang berwarna merah. Bermain game ini semakin tidak mudah karena akan semakin banyak warna yang tersedia dan jalur kereta yang saling bersimpangan. Mengantar kereta sampai stasiun yang dituju, pada saat yang sama Anda juga harus mengawasi agar kereta tidak saling bertabrakan. Sesekali Anda akan semakin kerepotan ketika kereta hantu datang. Terdapat level permainan yang dibagi berdasarkan zaman, mulai dari zaman industri hingga masa depan.

5. Magic Portal
   Ukuran: 24 MB
   OS Android: 2.1 ke atas
   Harga: Gratis / $0.99
Magic Portal memiliki cara bermain yang cukup unik. Anda diberikan kendali terhadap seorang penyihir dengan kemampuan teleportasi (berpindah tempat dalam sekejap). Demi mencapai tujuannya, ia bisa menggunakan kemampuan ini. Namun, kemampuan teleportasi itu sendiri memiliki keterbatasan, yaitu tidak bisa berpindah tempat langsung melewati tembok atau diberikan aturan tambahan pada setiap level berupa larangan membuat portal dengan bebas. Selain itu, ia juga bisa mencoba mengumpulkan permata yang tersebar untuk mendapatkan nilai tambahan sebelum mencapai tujuannya. Penilaian yang didapat berupa medali emas, perak, atau perunggu yang ditentukan berdasar pada berapa banyak portal yang dibuat untuk menyelesaikan satu level.

6. Townsmen
   Ukuran: Tergantung jenis handheld
   OS Android: Tergantung jenis handheld
   Harga: Gratis / $2,69
Strategi merupakan genre yang membutuhkan keahlian pemainnya dalam mengatur berbagai aspek yang ada. Pada Play Store terdapat banyak sekali game dengan genre ini. Salah satu yang CHIP sarankan adalah Townsmen dari Handygames. Game ini sekilas mengingatkan CHIP pada game strategi yang ada pada PC seperti The Settlers dan Crusader. Memiliki gaya permainan yang hampir sama, Townsmen mempunyai setting abad pertengahan. Tidak ada unsur militer seperti tentara berkuda atau prajurit pedang pada game ini, memfokuskan dirinya pada simulasi pengaturan masyarakan abad pertengahan. Anda memiliki kastil yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan bisa membangun pemukiman penduduk serta lapangan kerja yang dibutuhkan untuk memenuhi keinginan rakyat. Jika rakyat merasa puas, Anda dapat menarik pajak yang lebih tinggi. Terdapat beberapa kebutuhan penduduk yang membutuhkan proses produksi. Misalnya, untuk membuat roti yang merupakan kebutuhan dasar,  setidaknya Anda harus mempunyai ladang gandum, tempat penggilingan, dan tempat untuk memanggang roti.
7. Plague
   Ukuran: 29 MB
   OS Android: 2.2 ke atas
   Harga: Gratis
Jika Anda ingin melihat bagaimana proses berjangkitnya penyakit hingga menjadi sebuah epidemi yang menyelimuti dunia, Plague merupakan game Anroid yang tepat. Anda bermain sebagai seorang pembuat berbagai macam penyakit dengan perantara yang beragam: bakteri, virus, jamur, parasit, prion, nano-virus, sampai senjata biologis. Peta dunia menjadi satu-satunya area bermain. Begitu dimulai, Anda bebas menentukan wilayah mana saja di bumi yang akan mejadi tempat awal berjangkitnya penyakit tersebut. Perlahan-lahan jumlah manusia yang terinfeksi akan semakin banyak dan menyebar ke tempat lain melalui udara dan laut layaknya penyakit asli. Namun. penyebarannya tidak akan mudah karena ketahanan virus atau bakteri yang Anda ciptakan sangat dipengaruhi oleh wilayah dengan iklimnya masing-masing. Ditambah lagi, semakin banyak orang yang terinfeksi, akan ada kecenderungan orang-orang untuk menciptakan obat untuk melawan penyakit yang Anda ciptakan. Oleh karena itu, Anda bisa memperkuat virus atau bakteri dengan bermacam-macam cara. Misalnya, dengan menambah jenis hewan perantara, membuat virus tahan terhadap segala iklim, atau membuat virus bermutasi. Permainan berakhir ketika tingkat kesembuhan seluruh dunia mencapai 100%. Game ini memerlukan logika dan kejelian Anda untuk menciptakan penyakit yang dapat menginfeksi seluruh dunia.
8. Where's My Water
   Ukuran: 49 MB
   OS Android: 2.1 ke atas
   Harga: Gratis / $0.99


Game garapan Disney ini cocok untuk melatih kecerdasan dan inisiatif anak-anak. Pemain akan menuruti keinginan seekor buaya yang tinggal di bawah tanah perkotaan. Buaya ini ingin pemain mengalirkan air ke bak mandi agar si buaya bisa membersihkan badannya. Untuk mengalirkan, pemain harus membuat jalur air dengan menggali tanah atau dengan cara lain agar air dapat mencapai pipa pemandian. Namun, jumlah air yang disediakan kadangkala terbatas, sehingga pemain akan dituntut untuk mengalirkan air yang cukup untuk memandikan si buaya. Pada versi gratisnya, game ini menyediakan 15 level saja. Untuk mendapatkan semua level yang tersedia, Anda harus membeli game ini seharga $0.99 saja.

Itulah 8 game yang menurut CHIP dapat membantu melatih otak Anda tanpa harus kehilangan daya tarik dari game tersebut. Hampir semua game yang kami rekomendasikan bisa didapatkan secara cuma-cuma dan mendapatkan feature lengkap layaknya game versi berbayar. Selamat mencoba!
Saran saya untuk mendownload game-game diatas lebih baik memakai APK Leecher saja > APK Leecher
Dan download java nya juga disini > Java

Terimakasih sudah membaca nya , jangan lupa tinggalkan komentarnya juga :)

0 Response to "8 Game Android yang Melatih Otak"

Posting Komentar

Popular Post